Sunday, September 25, 2005

Afifa

Pesan Pribadi: Re: ini balesannya...
Hari ini, 22:40:25
nokdesi
Aktivis MyQ


Tgl. Bergabung: 12 Aug 2005
Lokasi: Jakarta
Posts: 854

Re: ini balesannya...
[QUOTE=Afifa]
Kutipan:
alhamdulillah kalo desi dalam kondisi baik. Begitulah kalo mau ngadain perhelatan besar, persiapan dari 3 bulan seblumnya udah dilakukan, mulai pilih desain undangan, beli souvenir, catering yang harga berapa, seragam panitia seperti apa, dan pernak pernik lainnya. Jangan lupa konsumsi suplemen ya des, supaya stamina tetep seger, minimal minum susu or minum madu. Kalo ngeliat sayangnya ambu ke desi, teteh kira ambu juga nggak keberatan misalnya desi nggak cocok dengan pilihan dari ambu. Susah memang untuk bilang “nggak” ke orang yang kita sayang, takut melukai hatinya.


Wah klo desi kayaknya berusaha sesederhana mungkin teh.
Setelah walimah hari Jumat, malamnya tasyakuran.
Baru besoknya dilakukan perayaan lokalan aja.
Kami, maksudnya keluarga desi dan keluarga aa dah sepakat acara diselenggarakan sesederhana saja menurut ukuran di kampung. Perayaan akan tumplek blek dibaledesa.
Alhamdulillah pak kuwu beserta staf desa menyediakan tempat sebagai tempat acara. Undangan yang disebar sekitar 600. Malah 1/3 dari biaya yang disepakati akan disisihkan buat membantu rehabilitasi masjid setempat.

Kutipan:
amiin Allahumma amiiiin….semoga karunia juga tercurah untuk desi yang selalu berusaha untuk bahagiakan ambu…


Amiiien ya Rabb al Amiiien.

Kutipan:
sayang waktu itu teteh sama temen2 teteh nggak bisa ngeledekin calon pengantin, jam 10 malem dia udah harus tidur. Yang ada, kami cuma becanda tentang hal2 yang bisa dibikin lawakan pada acara resepsi siang harinya. Becanda sampe sakit perut, apalagi ada satu orang yang suka bikin becandaan, tambah lagi ketawanya.


Jam 10 memang standar lho teh. Maklum besoknya sejak pagi pengantin harus kerja keras ikut dalam team sukses bersama.
Meskipun sebetulnya belum tentu bisa tidur malahan ikut cekikikan klo dengar guyonan yang lucu gak terbayangkan.

Kutipan:
teteh juga sadar, dan sempet muncul rasa khawatir gimana kalo bacanya nanti grogi ya? Tapi teteh buang jauh2 pikiran itu dan hati kecil teteh bilang kalo nanti ikhwannya bisa baca Qur’an dengan lancar, pokoknya optimis aja.
Dan bener perkiraan teteh, alhamdulillah…
etnis mana tuh yang desi maksud?


Katanya sih begitu, setiap orang yang terlibat malahan suka pada stress begitu gong kebogiro terdengar.
Hehehe siteteh mah suka matak bongkar rhs saja.
Ya etnis Sunda teh. Klo dalam setahun pengantin gak nganjang mereka bisa dimanyunin. Solusinya ya mulung mantu itu sebagai alasan minggat. Baru nanti perlahan2 hutang itu dilunasi dalam sepuluh tahunan. Klo sempat juga sih.

Kutipan:
entahlah “kampungan” atau bukan, tapi nurut teteh akan lebih baik jika suatu perbedaan disikapi dengan bijak dan tenang, bukan dengan reaktif seperti itu. Kalo reaktif jadi nambah keruh suasana. Pagelaran sifat masing2 individu dalam keluarga besar, apalagi jika dia punya “peranan” penting dalam keluarga itu. Hal yang lazim di budaya Indonesia.


Ya makanya kita kudu dah siap mental aja.

Kutipan:
sebagian lagi bilang “model apa ini?”, sulitnya untuk sosialisasi walimatul’ursy islami. Usaha minim dengan hijab dari taman pada saat acara resepsi saja masih dikomplain, apalagi dengan hijab yang rapat dan antara ikhwan dgn akhwat benar2 terpisah. Kalau bukan dari kita yang paham dan berusaha untuk internalisasi nilai2 Islam pada tiap sendi hidup, siapa lagi?


Iya sih. Namun bagi budaya lama kayak di kampung desi, acara ritual keagamaan sering dianggap gak cukup bagi sesepuh lokal. Gak percaya ya teh klo masih ada yang kudu masang sesaji di 4 sudut kampung buat tulak bala.
Kebanyakan sesajinya juga cuma sedikit buah dan lisong serta kopi pahit dan teh manis. Coba klo make bakakak hayam tentunya menjelang sore bakal jadi rebutan para remaja.
Gak gampang lho ngasih pengertian pergeseran dari budaya agraris ke budaya industri.

No comments: